Constructive Cost Model (COCOMO) adalah algortima model estimasi biaya perangkat lunak yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Barry Boehm didalam
bukunya "Rekayasa Perangkat Lunak Ekonomi" sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Model ini
menggunakan dasar formula regresi dengan parameter yang berasal dari data historis dan karakteristik proyek yang sedang berlangsung. Perhitungan paling
fundamental dalam model COCOMO adalah penggunaan Effort Equation untuk mengestimasi jumlah dari Person-Months yang dibutuhkan dalam pengembangan
proyek.
Tidak seperti model estimasi biaya yang lain, COCOMO adalah model yang terbuka, sehingga semua detail dapat dipublikasi, termasuk :
* Dasar persamaan perkiraan biaya
* Setiap asumsi yang dibuat dalam model
* Setiap definisi
* Biaya yang disertakan dalam perkiraan dinyatakan secara eksplisit
Jenis-jenis COCOMO :
1. Basic (COCOMO I 1981)
Menghitung dari estimasi jumlah LOC (Lines of Code). Pengenalan Cocomo ini diawali tahun 70-an akhir. Sang pelopor Boehm, melakukan riset dengan mengambil
kasus dari 63 proyek perangkat lunak untuk membuat model matematisnya
2. COCOMO Menengah (Intermediet COCOMO)
Intermediate COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi ukuran program dan sekumpulan “cost drivers” yang mencakup
penilaian subjektif produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek
3. COCOMO Detil (Detailed COCOMO)
Detil COCOMO menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian dampak cost driver di setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses
rekayasa perangkat lunak 1. model rinci kegunaan yang berbeda upaya pengali untuk setiap driver biaya atribut tersebut Sensitif pengganda Tahap upaya
masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tahap.
sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/COCOMO
Rabu, 04 April 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar on "Constructive Cost Model (COCOMO)"
Posting Komentar